Menembus Kemustahilan


Menelisik sejarah, orang sukses selalu punya cita-cita luar biasa. Mereka bisa saja berasal dari keluarga biasa namun karena punya impian besar, mereka pun menangguk sukses. Apa kuncinya? Tentu saja, karena mereka punya sikap-sikap pemenang. Hingga mampu mengubah mimpi yang kasat mata menjadi kenyataan. Apapun yang kita a impikan dapat terwujud jika kita melakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buat Catatan tentang Diri Anda (Self- Esteem)
    Kenali diri Anda sedalam-dalamnya sehingga Anda dapat mengukur kekuatan Anda untuk mewujudkan harapan-harapan Anda. Anda bisa membuat “peta diri” yang meliputi:
    a. Kekuatan/sikap positif
    b. Kelemahan/sikap negatif
    c. Kekuatan dan kelemahan bisnis/profesi yang Anda tekuni saat ini
    d. Prestasi yang pernah Anda capai
    Keyakinan sebesar apapun tidak akan dapat mewujudkan impian Anda jika tidak disertai pertimbangan daftar di atas. Artinya, betapa pentingnya pemahaman diri dan motivasi yang kita miliki. Kita juga perlu punya sumber daya : ketrampilan, pengetahuan dan modal cukup untuk dapat mewujudkan impian.
    Investasi sikap yang harus kita punyai adalah:
    – Jangan takut mengalami kegagalan
    – Ubahlah paradigma tidak suka dikritik menjadi bersahabat dengan kritik
    – Miliki visi yang tepat dan jelas
    – Miliki cara / kemampuan untuk mengatasi kekurangan, baik dalam skill & knowledge dan modal kerja
  2. Milikilah Impian Besar (Expect)
    Peribahasa “Gapailah bintang-bintang di langit, namun kaki tetap berpijak pada bumi “ mengingatkan kita untuk punya impian besar. Meski untuk mewujudkannya butuh perencanaan waktu matang  dan mempertimbangkan sumber daya yang kita miliki. Jika, mimpi kita hanya biasa-biasa saja dan mudah diraih, maka hasilnya pun biasa-biasa saja. Dan, kita tidak punya pengalaman berharga seumur hidup.  Biasakanlah  mengucapkan “ ANDAI AKU BISA……………” setiap kali. Sikap ini mencerminkan bahwa di benak  kita selalu  ingin sesuatu yang lebih.
  3. Mewujudkan sesuatu yang di luar batas dengan target/batas waktu (Goal Setting)
    Cerita lampu aladin tidak mungkin kita jumpai di dunia ini. Bagaimana mungkin semua keinginan kita dapat terwujud dalam sekejap mata? Dalam dunia nyata, Anda harus membuat perencanaan dan target waktu. Buatlah target jangka pendek dan jangka panjang. Fokuslah terhadap impian Anda. Perliharalah sikap antusiasme. Lakukan evaluasi terhadap hasil yang dicapai. Maka, yakinlah impian Anda itu akan menjadi kenyataan.
  4. Belajar dari Partner serta Mentor-Mentor Idola (Action)
    Ada kata-kata bijak yang mengatakan “Carilah ilmu sampai ke negeri Cina “. Pepatah itu mengajak kita untuk membangun sikap dan keinginan untuk menambah skills serta knowledge secara konsisten untuk mewujudkan mimpi kita. Meski pada dasarnya, kita kita sendiri telah memiliki sumber daya/kemampuan. Salah satu cara meningkatkan skills & knowledge antara lain dengan membaca success story atau belajar langsung pada pakarnya. Langkah ini dapat menambah keyakinan kita bahwa impian kita bukanlah hal yang semu, karena ada dasar teori serta sudah teruji melalui pengalaman orang lain (measuring your dreams ).

Penulis : Indayati Oetomo – Direktur John Robert Powers

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: