Seting client VPN di Windows 7


Seting client VPN di Windows 7


Networking Melanjutkan artikel saya terdahulu pada Tabloid PC Plus Edisi …. yang berjudul Membangun VPN Server pada Windows 7. Pada arikel ini saya ingin mencontohkan bagaimana untuk dapat konek ke VPN server dengan Menggunakan Windows 7.

Sebagai pengingat, VPN merupakan sebuah solusi untuk menghubungkan satu atau lebih jaringan pribadi dengan memanfaatkan jaringan public (internet). Dengan menggunakan VPN, keamanan data juga lebih terjamin karena adanya proses enkripsi data. VPN juga menjadi solusi terhadap mahalnya sewa koneksi jaringan secara pribadi (leased lines). Dengan menggunakan VPN kita bisa memanfaatkan koneksi jaringan public (internet) sebagai koneksi jaringan pribadi kita yang biasanya harga sewa koneksi public (internet) jauh lebih murah di banding koneksi jaringan pribadi (leased Lines).

Oke, Jika pada artikel sebelumnya saya sudah membuat sebuah VPN server selanjutnya pada artikel ini saya ingin konek ke VPN server tersebut (di sini saya juga menggunakan Windows 7), untuk melakukan pengaturan VPN Client pada Windows 7 ikuti langka-lanngkah berikut ini :

1. Buka Control Panel, dari menu StartControl PanelNework and InternetNetwork and Sharing Center kemudian pilih Setup e new connection or network.

image

2. Pada halaman Choose a connection option pilih pilihan Connect to a workspace dimana memang kita ingin melakukan koneksi VPN kemudian klik tombol Next.

image

3. Pada halaman Do you want tu use a connection that you already have? Pilih pilihan No, create a new connection kemudian klik tombol Next, jika kamu ingin menggunakan koneksi internet yang lain bisa memilih pilihan di bawahnya.

image

4. Pada halaman How do you want to connect? Pilih pilihan Use my Internet connection (VPN).

image

5. Pada halaman Type The Internet Address to Connect to masukan IP public dari VPN server, kamu juga bisa menambahkan nama dari VPN server tersebut agar mudah untuk di ingat lalu klik tombol Next.

image

6. Pada halaman Type your username and password, masukan salah satu Username dan Password dari akun yang telah kita tambahkan pada saat pengaturan VPN Server kemudian klik tombol Connect.

image

7. Selanjutnya VPN Client akan melakukan koneksi ke VPN server dan VPN server akan melakukan Verifiying terhadap Username dan Password yang telah di masukan, tunggu proses sampai selesai.

image

8. Jika sudah berhasil pada informasi jaringan akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

image

9. Selain hal di atas untuk mengecek apakah kita sudah terkoneksi ke VPN server, kamu bisa membuka Command Prompt kemudian ketikan ipconfig, hasilnya akan terlihat seperti di bawah, bahwa kita telah berhasil konek ke VPN server yang di tandai dengan informasi PPP adapter VPN Win7 dengan informasi alamat IP yang telah kita alokasikan di awal konfigurasi VPN server.

image

Sangat mudah sekali bukan? kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan untuk Membangun VPN Server pada Windows 7 atau juga untuk konek ke server VPN, kamu bisa memanfaatkan fitur yang sudah ada. Untuk membangun VPN server dengan Windows 7 kamu hanya membutuhkan koneksi Internet dan satu IP public sebagai pintu masuk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: